Beasiswa

BU BPKLN Setjen Kemdikbud

1 Beasiswa Unggulan (BU) Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah bantuan biaya pendidikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada putra putri terbaik bangsa Indonesia. Pemberian Beasiswa Unggulan kepada putra-putri terbaik Bangsa Indonesia di atas disalurkan melalui lembaga atau instansi pengusul, satu diantaranya adalah perguruan tinggi, dalam kerangka menyiapkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif sesuai dengan Visi Pendidikan Nasional 2025.

Program Studi S2 Ilmu Biologi Universitas Jenderal Soedirman akan mengusulkan mahasiswa baru yang memenuhi syarat untuk mendapatan Beasiswa Unggulan tersebut dengan syarat utama yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai TOEFL 500;
  2. Ijasah dan transkip nilai S1 atau sederajat dengan minimal IPK 3.25 dari skala 4.0;
  3. Membuat proposal rencana studi yang meliputi alasan pemilihan prodi, rencana tesis, dan rincian kebutuhan biaya studi (maksimal 4 semester);
  4. Membuat surat permohonan Beasiswa Unggulan kepada Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Sekretariat Jenderal, Kemdikbud di Senayan, Jakarta.

Berkas pendaftaran Beasiswa Unggulan disertakan bersamaan dengan pendaftaran calon mahasiswa baru. Info selengkapnya bisa dilihat pada tautan berikut Pendaftaran.

BU BPKLN Setjen Kemdikbud juga bisa diajukan langsung oleh mahasiswa secara mandiri. Informasi lengkap dapat dilihat pada tautan berikut Beasiswa Unggulan.

BPP-DN Ditjen Dikti Kemdikbud

2 Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) adalah beasiswa untuk dosen di Ditjen Dikti diberikan kepada program studi di program pascasarjana (PPs) penyelenggara BPP-DN yang menyelenggarakan program studi Magister (S2) dan Doktor (S3), dan telah memperoleh akreditasi BAN-PT sekurang-kurangnya peringkat B pada jalur akademik dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) untuk Perguruan Tinggi Swasta.

Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman adalah penyelenggara BPP-DN dan Program Studi S2 Ilmu Biologi yang saat ini terakreditasi A oleh BAN-PT siap menerima dosen calon mahasiswa. Informasi selengkapnya terkait BPP-DN Ditjen Dikti Kemdikbud dapat diperoleh pada tautan berikut BPP-DN Dosen.