Pendaftaran

Calon Mahasiswa

Calon mahasiswa Program Studi S2 Ilmu Biologi Unsoed adalah lulusan program sarjana (S1), yaitu Sarjana Sains (S.Si.) Biologi dan sarjana ilmu-ilmu terkait biologi lain, serta lulusan program vokasi diploma IV (DIV) ilmu-ilmu terkait biologi. Persyaratan ini mengacu pada UU No. 12 Tahun 2013 tentang Pendidikan Tinggi.

Program magister merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan program sarjana atau sederajat sehingga mampu mengamalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah.

Penjelasana terkait kualifikasi lulusan program vokasi diploma IV adalah sebagai berikut :

Lulusan program vokasi diploma IV (DIV) dapat diterima sebagai calon mahasiswa Program Studi S2 Ilmu Biologi Unsoed mengacu pada SE Dirjen DIkti 498/E/T/2011 yang menyatakan bahwa kualifikasi lulusan perguruan tinggi program DIV sama dengan program sarjana (S1) yang mempunyai beban studi yang sama yaitu minimal 144 sks. SE tersebut mengacu pada SK Mendiknas RI No. 178/U/2001 tentang Gelar dan Lulusan Perguruan Tinggi, yang menyatakan bahwa sebutan profesional untuk lulusan program Diploma IV adalah sarjana yaitu Sarjana Sains Terapan (S.S.T.).

Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan program reguler di PS S2 Ilmu Biologi Unsoed per semester adalah enam juta rupiah Rp. 6.000.000, mengacu pada SK Rektor Unsoed No. Kept.7504/UN23/PP.01.00/2013 tentang Uang Kuliah Program Profesi dan Program Pascasarjana.

Biaya pendidikan program double-degree PS S2 Ilmu Biologi Unsoed dengan Master of Bioethics and Global Public Health (MBGPH) American University of Sovereign Nation (AUSN) Amerika Serikat adalah USD 5.000 untuk mahasiswa asing dan USD 3.500 untuk mahasiswa domestik untuk paket program 4 semester.

Calon mahasiswa dengan IPK S1 atau sederajat ≥ 3.25 dan nilai TOEFL ≥ 500 yang akan difasilitasi oleh Program Studi S2 Ilmu Biologi Unsoed untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan BPKLN Setjen Kemdikbud. Informasi lengkap terkait beasiswa dapat dilihat pada tautan berikut Beasiswa.

 
 

Pendaftaran Langsung / Offline

1 Berkas pendaftaran calon mahasiswa PS S2 Ilmu Biologi dapat dikirmkan via pos atau diantar langsung ke Kantor Pusat Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman dengan alamat sebagai berikut :

Program Pascasarjana
Universitas Jenderal Soedirman
Gedung Pascasarjana
Jalan dr. Suparno Karangwangkal
Purwokerto 53123

Matrikulasi/ Program Penyetaraan Kompetensi Calon Mahasiswa Baru

Pengertian:

Program Penyetaraan Kompetensi Calon Mahasiswa Program Studi S2 Biologi adalah suatu upaya akademik yang dilakukan oleh Program Studi S2 Biologi Fakultas Biologi Unsoed untuk menyetarakan kompetensi dan memberikan bekal akademik sehingga mahasiswa dapat mengikuti proses perkuliahan dengan baik. Program Penyetaraan Kompetensi diselenggarakan bagi calon mahasiswa dengan latar belakang program studi S1 atau program sederajat yang tidak sebidang dengan Program Studi S2 Biologi Unsoed.

Tujuan:

Program penyetaraan kompetensi bertujuan untuk menyelaraskan kompetensi calon mahasiswa dengan kompetensi minimal yang dipersyaratkan oleh Program Studi S2 Biologi Unsoed. Syarat minimal dimaksud adalah calon mahasiswa telah menguasai kompetensi bidang ilmu: Biologi Sel dan Biologi Molekuler; Genetika; Fisiologi, Struktur dan Perkembangan; Evolusi,  Sistematika, dan Ekologi

Peserta:

Calon mahasiswa Program Studi S2 Biologi Unsoed yang pendidikan sebelumnya tidak sebidang dengan Program Studi Biologi wajib mengikuti dan lulus program penyetaraan kompetensi yang diselenggarakan oleh Program Studi S2 Biologi Fakultas Biologi Unsoed. Calon mahasiswa tidak sebidang adalah lulusan dari program studi di luar Program Studi S1 Biologi diantaranya: PS Pendidikan Dokter, PS Ilmu-ilmu Kesehatan, PS Pendidikan Biologi, dan PS D-IV.

Biaya:

Biaya pelaksanaan Rp. 2.000.000,00 di setorkan melalui Rekening Rektor Unsoed

Pelaksanaaan :

Matrikulasi dilaksanakan awal bulan Juli - akhir bulan Agustus 2017

 

Form Pendaftaran

Formulir pendaftaran beserta panduan pengisian dan informasi detil berkas lampiran yang dibutuhkan bisa diunduh dari tautan berikut Formulir Pendaftaran. Berkas yang dilampirkan bersama formulir pendaftaran adalah sebagai berikut :

  • Fotocopy Ijazah dan Transkrip Akademik.
  • Surat Ijin Belajar.
  • Surat Keterangan Sehat.
  • Surat Pernyataan Jaminan Biaya Pendidikan.
  • Rekomendasi Akademik.
  • Pasfoto.
  • Bukti Pembayaran Biaya Pendaftaran.
  • Fotocopy Karya Ilmiah / Publikasi Ilmiah.
  • Fotocopy Hasil Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Fotocopy Hasil TOEFL.
  • Surat Keterangan Akreditasi Program Studi.
  • Formulir Pendaftaran BU BPKLN Setjen Kemdikbud.

Berkas tambahan yang dapat diunduh pada tautan berikut Formulir Pendaftaran Beasiswa Unggulan, adalah bagi calon mahasiswa dengan IPK S1 atau sederajat ≥ 3.25 dan nilai TOEFL ≥ 500 yang akan difasilitasi oleh Program Studi S2 Ilmu Biologi Unsoed untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan BPKLN Setjen Kemdikbud.

  • Formulir Pendaftaran BU BPKLN Setjen Kemdikbud.

Biaya Pendaftaran untuk penerimaan calon mahasiswa tahun 2014 adalah Rp. 500.000 yang dibayarkan ke :

Bank Mandiri
Nomer Rekening 139-0019272727
Atas nama Rektor UNSOED

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Kantor Pusat Pascasarjana Unsoed pada nomer telepon 0281-641628 dan nomer faksimili 0281-635234, atau Kantor Pengelola PS S2 Ilmu Biologi Program Pascasarjana Unsoed pada nomer telepon dan faksimili 0281-625865.

 

Pendaftaran Online

2 Pendaftaran calon mahasiswa PS S2 Ilmu Biologi dapat dilakukan secara online. Formulir pendaftaran diisi secara online dan salinan eletronik berkas lampiran juga diunggah secara online. Berkas yang dilampirkan sebagai salinan eletronik bersama formulir pendaftaran online adalah sama dengan pendaftaran langsung.

Pendaftaran online dapat dilakukan pada tautan berikut Pendaftaran Online. Untuk bisa melakukan pendaftaran online, calon mahasiswa harus memiliki akun pendaftaran yang bisa diperoleh pada tautan berikut Pendaftaran Akun.